Penerapan Metode Full Costing Dalam Penetapan Harga Pokok Produksi Untuk Menentukan Harga Jual Pada Usaha Kecil Menengah Di Lampung Selatan (Studi Kasus Usaha Kecil Menengah Tahu Di Daerah Natar Lampung Selatan)

Metode full costing, Harga jual

  • Rahmi Hayati Putri Universitas Muhamadiyah Purwokerto

Abstract

Lampung merupakan salah satu propinsi yang memiliki usaha industri kecil menengah yang berbasis kedelai yang cukup banyak terutama di Lampung selatan, berbagai industri kecil yang berbasis kedelai telah ada sejak 5 sampai 10 tahun yang lalu seperti pengusaha tahu, tempe, roti dan sebagai nya. Pengusaha industri makanan berbasis kedelai telah menggalakan pengembangan dengan membentuk persatuan pengusaha tahu dan tempe di Tegal Bungur Lampung Selatan, didalam forum ini membahas tentang bagaimana menganalisa harga pokok produksi untuk menentukan harga jual tahu mereka, salah satu nya yaitu Pak Prayit yang merupakan anggota forum ini yang mempunyai masalah tersebut. Berdasarkan  hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan pada hasil analisa data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Berdasarkan perhitungan harga pokok produksi untuk menentukan harga jual dengan pendekatan Full Costing adalah jumlah total harga pokok produksi (2863,76) dibagi dengan harga jual  (3000) dikali 100 % adalah  sebesar Rp. 95,4% sedangkan bila menggunakan Perhitungan UKM harga pokok produksi (227,28) dibagi harga jual (3000) dikali 100% adalah sebesar Rp. 7.5% Hal ini telah menjawab bahwa perhitungan harga pokok produksi untuk menentukan harga jual dengan menggunakan  perhitungan Full costing lebih besar di bandingkan dengan perhitungan UKM  karena sudah ditambahkan dengan biaya penyusutan.

How to Cite
PUTRI, Rahmi Hayati. Penerapan Metode Full Costing Dalam Penetapan Harga Pokok Produksi Untuk Menentukan Harga Jual Pada Usaha Kecil Menengah Di Lampung Selatan (Studi Kasus Usaha Kecil Menengah Tahu Di Daerah Natar Lampung Selatan). Jurnal Gema, [S.l.], v. 5, n. 2 Agustus, p. 745-756, apr. 2017. ISSN 2775-636X. Available at: <https://e-jurnal.stieprasetiyamandiri.ac.id/index.php/gem/article/view/79>. Date accessed: 11 sep. 2024.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.