MODELANALISIS ALTMAN, SPRINGATE, GROVER, OHLSON & ZMIJEWSKI SEBAGAI EARLY WARNING SYSTEM TERHADAP PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS

  • Andy Fitriyadi Dharma STIE Gentiaras

Abstract

Setiap perusahaan didirikan dengan harapan dapat menghasilkan keuntungan serta mampu bertahan berkembang dalam jangka panjang dan tidak mengalami likuidasi. Sedangkan kesulitan keuangan atau tahapan penurunan kondisi keuangan suatu perusahaan dalam jangka waktu yang lama memiliki kecenderungan untuk mengalami kebangkrutan, dan ada banyak pihak yang akan dirugikan jika suatu perusahaan mengalami kebangkrutan, untuk itulah diperlukan model prediksi kebangkrutan yang dapat memberikan peringatan dini bagi perusahaan tersebut. Agar dapat memecahkan beberapa permasalahan yang ada, maka penelitian ini dibuat untuk mengetahui penerapan metode Altman, Springate, Grover, Ohlson, dan Zmijewski sebagai early warning system terhadap prediksi financial distress, mengetahui perbedaan kemampuan tingkat akurasi dari lima model prediksi financial distress, dan untuk mengetahui model prediksi financial distress yang terbaik dengan menunjukan nilai akurasi yang tertinggi sebagai early warning system pada lima perusahaan sektor ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2018. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model analisis Altman, Springate, Grover, Ohlson, dan Zmijewski dapat digunakan untuk memprediksi financial distress pada lima perusahaan ritel di Indonesia yang menjadi sampel pada penelitian ini. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa model Ohlson memiliki nilai akurasi tertinggi sehingga menjadikan model Ohlson sebagai model analisis terbaik sebagai early warning system dalam meprediksi financial distress dalam penelitian ini.

How to Cite
DHARMA, Andy Fitriyadi. MODELANALISIS ALTMAN, SPRINGATE, GROVER, OHLSON & ZMIJEWSKI SEBAGAI EARLY WARNING SYSTEM TERHADAP PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS. Jurnal Gema, [S.l.], v. 11, n. 1 Februari, p. 1780-1802, feb. 2021. ISSN 2775-636X. Available at: <https://e-jurnal.stieprasetiyamandiri.ac.id/index.php/gem/article/view/309>. Date accessed: 19 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.