Novi POLITICAL MARKETING MIX DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA STIE PRASETIYA MANDIRI LAMPUNG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh campuran pemasaran politik terhadap keputusan pemilih. Konsep campuran pemasaran politik yaitu produk, promosi, harga dan tempat dipekerjakan dalam penelitian ini. Data primer dan sekunder diperoleh. Data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, dan buku. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Responden target adalah siswa Stie STIE Prasetiya Mandiri Lampung (PMG) yang memberikan suara untuk pemilihan Walikota 2020 di Bandarlampung. Menggunakan stratified random sampling dengan distribusi proporsional dan teknik accidental sampling, total 100 tanggapan diperoleh. Data diperiksa menggunakan analisis deskriptif dan statistik seperti, analisis regresi linier, uji validitas dan reliabilitas. Temuan menunjukkan bahwa, secara parsial dan simultan, bauran pemasaran politik yang meliputi produk, promosi, harga dan tempat memiliki dampak signifikan terhadap keputusan pemilih. Dari semua faktor, tempat ditemukan dominan.