Yunada Arvan MODIFIKASI VARIABEL ANTECEDENT MELALUI KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN DIKOTA BANDAR LAMPUNG
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di beberapa rumah sakit dan klinik yang melayani BPJS
kesehatan di kota Bandar Lampung. Dalam penelitian ini sampel data primer
dikumpulkan dengan teknik non probability sampling dengan metode judgemental
sampling. Jumlah sampel sebanyak sebanyak 245 orang peserta BPJS Kesehatan
di kota Bandar Lampung. Dapat dijelaskan variabel kualitas pelayanan memiliki
pengaruh yang lebih dominan dalam membentuk kepuasan dibandingkan dengan
variabel kualitas produk. Tetapi kedua variabel bergantung pada kepuasan dalam
membentuk loyalitas peserta BPJS Kesehatan di Kota Bandar Lampung. Hal ini
terlihat dari kontribusi variabel pelayanan dalam membentuk kepuasan sebesar 0,22
lebih besar dari kualitas produk terhadap kepuasan yang hanya sebesar -0,03. Secara
simultan kepuasan lebih dominan dan berkontribusi terhadap loyalitas peserta BPJS
Kesehatan di Kota Bandar Lampung sebesar 0,14 lebih besar dari kualitas produk
terhadap loyalitas yang hanya sebesar 0,13 dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas
yang hanya -0,27. Hal ini dapat diartikan bahwa peran kepuasan dinilai penting
sebagai variabel intervening dalam membentuk loyalitas peserta BPJS Kesehatan di
Kota Bandar Lampung